Mengapa Tuhan Yesus menyambung kalimat: “jadilah kehendakMu” dengan kalimat “di bumi seperti di surga?” Jadilah kehendakMu, di bumi seperti di surga. Ini berarti kehendak Tuhan jadi di bumi ini seperti kehendak Tuhan jadi di surga. KehendakNya akan terjadi baik di bumi maupun di surga. KehendakNya bukan hanya jadi di surga saja, melainkan juga di bumi ini. apakah ada kerajaan atau negara yang bisa seperti ini? dimana kehendak dari negaranya bisa semua jadi di negara lain? Kehendak negara Amerika tidak bisa semuanya jadi di negara lain. Mungkin ada yang bisa jadi di negara lain, tetapi itu melalui proses negosiasi dan tidak semua kehendak negara ini bisa jadi di negara lain. Berbeda dengan kerajaan sorga, dimana kehendak dari Raja segala raja bisa jadi di bumi ini.

Oleh karena itu, maka ketika doa ini dipanjatkan kepada Bapa di sorga, maka ada dua makna yang terkandung di dalamnya

Pertama, doa ini memberikan kita pengharapan

kita memiliki pengharapan bahwa kehendak Allah akan terjadi bukan hanya di sorga melainkan juga di bumi. Walaupun saat ini kita melihat adanya kekacauan, kejahatan dalam dunai ini, tetapi kiita punya pengharapan bahwa kehendak Allah untuk kebaikan bagia anak anakNya pasti akan terjadi ditengah tengah segala kekacauan dan kejahatan di bumi ini. Sebelum Kristus datang ke dalam dunia ini, Allah sudah menubatkan bahwa kelak, Juruselamat akan datang ke dalam dunia untuk menyelamatkan manusia. Kehendak Allah yang di sorga ini dinyatakan kepada manusia melakuai [ara nabi. Allah mulai bekerja untuk menggenapkan rencana ini dengan memilih Abraham untuk menjadi nenek moyang dari Kristus. Allah kemudian mendirikan Israel, dimana melalui bangsa ini, Mesias akan dilahirkan. Namun kita tahu bahwa dunia yang jahat, kuasa kegelapan berusaha menghancurkan bangsa ini dengan berbagai macam cara. Bahkan sampai ketika Kristus lahir pun, dunia ini masih mengancamnya yakni Herodes ingin membunuhNya. Namun semua kekuatan kekuatan jahat itu tidak sanggup mencegah kehendak sorga terjad di bumi ini. Akhirnya, Kristus lahir dan menyelesaikan pekerjaan penebusan bagi umat manusia. setelah itu Injil harus di beritakan dan ini merupakan kehendak sorga, dimana Kristus memberikan perintah, pergilah jadikan semua bansga menjadi muridKu dan Baptislah mereka dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus. Injil mulai disebarkan di Yerusalem, Yudea, samaria samai ke eropah dan seluruh dunia. Apakah mudah dan tanpa darah? sulit dan banyak darah kaum martir yang tertumpah. Namun kehendak Allah yang di sorga tetap terlaksana, Tidak ada satu pun kuasa yang bisa menghalangi orang orang untuk bertobat. Tidak ada satu pun kuasa yang bsia mencegah kuasa Tuhan untuk mempertobatkan seseorang. Walaupun ada banyak tekanan, keraguan, namun kalau Tuhan sudah memilihnya, maka kehendak Tuhan pasti terjadi atas diri orang tersebut. Oleh sebab itu, jika sekarang kita sedang melakukan kehendak Tuhan, dan ada begitu banyak tantangan, maka kita tidak perlu kecil hati, karena dalam doa Bapa kami ini terdapat sebuah pengharapan bahwa kehendak Allah di sorga akan terjadi juga di bumi.

Dikusi:

1. Menurut saudara, apakah kehendak Tuhan yang dituliskan di Alkitab mengenai dunia ini?
1 Timotius 2:4 hal ini mendorong kita untuk rajin memberitakan Injil
Yohanes 10:28 Hal ini akan menolong kota untuk terus berjuang dalam kehidupan kristen kita karena kita yakin bahwa kita kelak pasti dimuliakan.
2 Petrus 3:9,10

2. Sharingkan, Kehendak Tuhan untuk diri saudara yang saudara mengerti saat ini. apakah saudara punya pengharapan bahwa kehendak itu apsti terjadi?

Kedua, doa ini membangkitkan pujian kepada Allah

Pada saat kita mengatakan jadilah kehendakMu di bumi seperti di surga, maka ini adalah sebuah bentuk pujian kepada Allah. soerang raja yang kehendaknya bisa jadi negara lain, maka itu berarti raja tersebut mulia. Oleh sebab itu, doa ketika kita mengatakan jadilah kehendakMu di bumi seperti di surga, maka itu merupakan kalimat pujian kepada kebesaran dan kuasa Bapa kita di sorga. Pujian diletakkan di tengah tengah doa.Pujian menjadi puase antara 3 permintaan pertama (dikuduskanlah namaMua, datanglah kerajaanMu, jadilah kehendakMu) dengan 3 permintaan kedua (berikanlah makanan , ampunila kami dan janganlah bawa kami ke dalam pecobaan). Pujian kepada Allah akan menyegarkan doa kita. cobalah praktekkan di tengah doa doa saudara naikkanlah pujian dalam perkataan dan nyanyian.